Lalai....! Angkuh....! Sombong....! Kenapa kita bisa tinggal di bumi?


Bumi....
Itukah tempat tinggal anda?

Tunjukan kepada saya, di sebelah mana tempat tinggal anda, dengan jarak pandang bumi seperti gambar di sebelah atas ini.

Kenapa anda bisa tinggal di bumi itu?

Apa yang anda lakukan di bumi itu?

Apa yang anda cari di bumi itu?

Dengan siapa saja anda tinggal di bumi itu?

Seberapa penting bumi beserta isi dan segala urusan-urusannya bagi anda?

Kenapa anda begitu sombong, merasa paling kuat, merasa paling hebat, merasa paling pintar, merasa paling benar, merasa bangga atas apa yang anda miliki, sehingga lupa untuk apa anda tinggal di bumi ini... taukah anda untuk apa anda tinggal di bumi ini?

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (QS Adz-Dzaariyat 51 : 56)

Terlenakah anda dengan urusan-urusan anda di bumi ini? ingatkah anda sedang tinggal di bumi milik Allah?

Anda begitu beruntung bisa tinggal di bumi dan menikmati sari pati bumi, Anda begitu beruntung mempunyai matahari yang bercahaya sehingga membuat siang anda menjadi terang... tapi ingatkah anda sedikit saja siapa yang menciptakan bumi, matahari, cahaya, dan semua yang ada maupun yang tidak ada di hadapan anda saat ini?

Dimanakah bumi yang menjadi tempat tinggal anda dan semua saudara - saudara anda berada? begitu kecilkah bumi?

Masih pantaskah anda sombong?

Sekarang cobalah anda dengarkan/kumandangkan Takbir, bayangkan dengan melihat gambar jagad raya di sebelah kiri anda itu, semua saudara-saudara anda yang berada di seluruh penjuru bumi dalam waktu yang bersamaan mengumandangkan Takbir yang mengagungkan ALLAH YANG MAHA BESAR seperti saat hari raya Idul Fitri & Idul Adha, bayangkan suara anda bersama seluruh saudara - saudara anda menggaung ke seluruh penjuru bumi dan alam semesta. Subhanallah... apa yang anda rasakan?

Percayakah anda tentang Hari Akhirat? Hari dimana bumi dan alam semesta akan hancur porak-poranda...

Saat itu Allah akan begitu murka atas perbuatan kita selama ini...

Percayakah anda bahwa suatu hari anda akan meninggal? tubuh anda begitu dingin, terbujur kaku, dan berselimut kain kafan putih...

Lupakah anda bahwa kematian yang sudah pasti akan anda alami akan menjemput anda?

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali 'Imraan(3) :185] Allah bertanya: "Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?" Mereka menjawab: "Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung." Allah berfirman: "Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui" Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? [Al Mu'minuun(23) : 112-115]

Tulisan ini tertuju untuk jiwa seseorang yang sekian lama telah terlena oleh kehidupannya di dunia, seolah-olah dia lupa akan kematian yang akan segera menjemputnya, seolah-olah dia lupa untuk apa dia terlahir ke dunia.

Sadarlah wahai jiwa yang lalai... Sadarlah....

Allahu Akbar... Allahu Akbar... Allahu Akbar... Lailahailallah huwallahu akbar... Allahu Akbar Walillahilhamd....

Sumber : Lalai....! Angkuh....! Sombong....! Kenapa kita bisa tinggal di bumi?

0 ilhamNya: